CONTOH PROSEM, PROTA DAN RPP TERBARU Pendidikan Agama Kristen - logosupdate

logosupdate

Logosupdate. Konten Edukasi, Self Improvement, tips dan sekitar dunia Pendidikan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 04 Juli 2021

CONTOH PROSEM, PROTA DAN RPP TERBARU Pendidikan Agama Kristen

    Berikut ini contoh PROTA,PROSEM dan RPP terbaru (RPP Daring) Mata Pelajaran Pendidikan Agam Kristen. Silahkan dibaca dan disimak yan teman-teman. Kalau ada yang kurang mengerti boleh ditanya di kolom komen. Saya pasti akan balas secepat mungkin kok.....

Photo by NeONBRAND on Unsplash



 CONTOH PROGRAM TAHUNAN

( P R O T A )

 

Nama Sekolah                       :  SMA Aku Cinta PadaMu

Mata  Pelajaran                     :  Pendidikan  Agama  Kristen

Kelas                                       :  XII  (Duabelas) IPA / IPS

Tahun  Pelajaran                  :  2020/2021

Kompetensi Inti                     : 

 

KI 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

:

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Alokasi Waktu

1.1  Menerima HAM sebagai

anugerah Allah.

2.1  Mengembangkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai HAM.

3.1.1Memahami arti HAM dan hubungannya dengan tuntutan keadilan yang Allah kehendaki.

3.1.1 Menganalisis berbagai pelanggaran HAM di Indonesia yang merusak kehidupan dan kesejahteraan

manusia.

4.1  Menerapkan sikap dan perilaku yang menghargai

HAM

-      Hak Azasi Manusia di Indonesia

-      Praktik Hak Azasi Mansusia di Indonesia

-      Hak Azasi Manusia dalam Perspektif Alkitab

-      Sikap Gereja terhadap Hak Azasi Manusia di Indonesia

JP

1.2  Mensyukuri pemberian Allah dalam kehadiran multikultur di Indonesia

2.2  Mengembangkan sikapdan perilaku yang menghargai multikultur

3.2 Memahami nilai-nilai

 Multikultur

4.2. Berperan aktif dalam menjunjung kehidupan multikultur

 

 

-     Multikultuiralisme

-     Gereja dan Multikulturalisme

-     Hidup Bersama dengan Orang yanag Berbeda Iman

 

 

  JP

1.3  Menghayati kasih Allah kepada semua orang yang

diwujudkan dalam nilainilai demokrasi padakonteks lokal dan global

2.3 Menunjukkan nilai-nilai demokrasi pada konteks

lokal dan global

3.3  Menjelaskan makna nilai- nilai demokrasi pada konteks lokal dan global dengan mengacu pada teks Alkitab.

3.4  Menalar nilai-nilai demokrasi pada konteks local dan global mengacu pada teks Alkitab.

-          Demokrasi Dalam Perspektif Alkitab

-          Praktik Demokrasi di Indonesia

-          Sikap Gereja Terhaapa Demokrasi di Indonesianh

 

  JP

1.4 Menghayati perannya sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan

2.4 Mengembangkan perilaku sebagai pembawa damai

sejahtera dalam kehidupan

3.4Menguraikan perannya sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus.

4.4 Proaktif sebagai pembawa damai sejahtera selaku

murid Kristus.

-   Damai Sejahtera Menurut Alkitab

-   Kabar Baik di Tengah Bangsa dan Negara

-   Menjadi Pelaku Kasih dan Perdamaian

 

 

 JP

TOTAL JAM PERTEMUAN

 JP

 

 

Medan, 8 Desember 2020

 

 

Diketahui Oleh :

 

 


 


Kepala Sekolah                                                         Guru                                      

 

 

 

Ebenezer Dabukke M.Pd                                         Sadrakh Silaban

                       


 

 

Contoh PROSEM

           



                       

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

BAB 11

 

Nama Sekolah                           :    SMA N Aku Cinta Padamu

Mata Pelajaran                          :    Pendidikan Agama Kristen 

Kelas/Semester                         :    XII IPA/Genap

Materi Pokok                            :  Menjadi pembawa damai dalam seluruh aspek kehidupan

Alokasi Waktu                          :    3 x 45Menit

 

Tujuan Pembelajaran

“Melalui pembelajaran Daring (dalam jaringan) menggunakan pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Mind Mapping, peserta didik dapat memahami bagaimana cara bertindak sebagai pembawa damai kepada sesama dan terlibat dalam pembangunan damai sejahtera dalam lingkungan.”

 

Langkah Kegiatan

1.   Mengorganisasikan Peserta Didik untuk Belajar

Beberapa hari sebelum pembelajaran, guru harus memastikan peserta didik sudah membaca dan memahami materi pembelajran yang dikirim di WAG. Saat pembelajaran dimulai, guru memulainya dengan nyanyian dan doa,  memastikan peserta didik siap dalam belajar dengan cara mengabsen satu persatu peserta didik dan dalam bentuk google form.

2.   Orientasi Peserta Didik Materi Pembelajaran

Guru menerangkan materi, tujuan pembelajaran dan KD yang ingin dicapai melalui powerpoint di zoom class yang dishare dalam whatsapp grup class.

3.   Membimbing Penyelidikan secara daring

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik menyatakan pemahaman yang dimilikinya tentang damai sejahtera seperti yang diajarkan dalam Alkitab dengan memberikan beberapa pertanyaan

4.   Mind-Mapping time

Setelah memberikan pertanyaan yang perlu digalih, peserta didik diharapkan aktif memberi opini dan tanggapannya

5.   Mengambil kesimpulan

Guru merangkum setiap jawaban dan memberi kesimpulan

Penilaian

:  Setiap peserta didik yang berani aktif dalam mengutarakan pendapat akan mendapatkan penghargaan berupa nilai

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini